Redesain cover

Antara konsep dan aplikasi :

Ini adalah bentuk redesain dari buku asli yang berjudul sama, yang terbit tahun 1989. bentuk visualnya terinspirasi dari karya Albrecht Dürer yang berjudul "The Resurrection". Sedikit membahas tentang Albrecht Dürer, beliau adalah seniman, pelukis dan teoritis asal Jerman. karya karyanya banyak mengangkat tentang mitologi dan old testament. karyanya yang berjudul The Resurrection tersebut menggunakan tehnik engraving, dimana cara pembuatanya adalah dengan mengukir desain ke atas permukaan logam. yang umum digunakan adalah lembaran tembaga.


kenapa saya mengambil inspirasi dari karya Dürer yang berjudul The Resurrection? pada era Soeharto, yang didengung dengungkan adalah keberhasilan swasembada pangan dan di sisi lain kekuatan terbesar Soeharto adalah militer, jadi saya memasukkan beberapa simbol simbol yaitu petani, polisi dan TNI yang seakan akan "menyembah". simbol lain yang saya ingin sampaikan adalah bentuk tangan dan kakinya yang begitu besar, mempunyai artian kaki tangan Soeharto atau bahasa halusnya para pendukung Soeharto sangatlah banyak. dari cover tersebut saya tidak mencoba sebagai pro ataupun kontra atas Soeharto, namun hanya menampilkan apa yang saya ketahui tentang beliau.



0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll