Typolustrate



Typolustrate adalah sebutan untuk projek tipografi saya, karena kekaguman pada keindahan lekuk dan bentuk berbagai huruf dari bermacam latar budaya. Seperti aksara arab, ibrani, kanji maupun latin. Setiap huruf mempunyai eksotisme dan keindahannya tersendiri. Mungkin juga muncul ide membuat ilustrasi dari tipografi ini karena kekesalan pribadi terhadap jenuhnya “karya karya desain” edit photoshop yang asal comot foto orang tanpa ijin lalu diracik sedemikian rupa dan asal “ctrl+b” warnanya asik kasih judul jadi deh.... atau foto foto narsis yang di tracing ulang bergaya pop art memakai software corel


Tapi tidak bisa dipungkiri juga ketika saya mulai suka desain karena edit edit foto orang memakai photoshop cs7 saat itu, selain itu buku buku yang “ngaku” buku desain di berbagai toko buku memang menawarkan seni kilat mengunakan tongkat sakti bernama photoshop&corel. Dengan contoh contoh desain yang kalo boleh saya bilang norak, dengan corak warna warna cerah yang saling bertabrakan membuat rusak travel eye.
Dari situ saya mulai berfikir, bagaimana membuat sebuah karya desain yang berbeda dari yang lain dan terasa “baru” dimata penikmat visual di Indonesia. Namun karena terlalu matang berfikir dan terganggu tugas kuliah karya tersebut belum dapat saya wujudkan. Sehingga suatu saat saya terjepit oleh tugas UAS mata kuliat tipografi 2, dimana kendalanya adalah 70 persen harus dominan tipografi, sedangkan bila ditambahkan elemen visual maka tipografinya akan kalah. Dari situ ide pun muncul, konsep awal dari tugas uas tipografi 2 adalah membuat sebuah buku 15 aturan tipografi. Setelah mendapat kata kuncinya: (aturan) yang artinya baku dan (tipografi) berarti dominan huruf. Dari kata aturan maka muncul ide tampilan visualnya sebuah torah ataupun bible yang sudah lapuk. Dan sebagai visual, saya masukkan ilustrasi tipografi (Typolustrate) Isa ibn Maryam.


Karya lain yang juga menggunakan tipografi adalah banner untuk kompetisi window display Lee Cooper yang diadakan di IKJ, sama seperti tugas UAS tipografi 2 yang lebih dahulu saya cari adalah kata kuncinya. Lee Cooper adalah perusahaan jeans ternama dari England, dan brand identitynya adalah British rock and roll. Jadi saya mendapat kata kunci biru, merah, the beatles, John Lennon, Mc Jagger. Dari situ saya ambil kesimpulan bila menggunakan logo logo band inggris maka bisa saja karya saya terkena royalti, hingga dibuatlah ilustrasi tipografi (typolustrate) John Lennon, Mc Jagger untuk background banner

Ada beberapa projek saya yang walaupun bukan ilustrasi tipografi, tetapi masih menggunakan tipografi yaitu koloborasi saya dengan mahasiswa arsitektur binus bernama Tito Van D'Artie. Mencoba menggabungkan tipografi dengan bangunan. Namun pojek ini masih setengah jalan alias masih belum final




Karya lain yang masih tetap menggunakan elemen tipografi adalah kompetisi Design Box yang diadakan oleh susan photo album. Ide awalnya adalah sebuah kursi yang bisa dipakai menjadi portofolio box. Namun finalnya hanya menjadi sebuah box portofolio berhias tipografi

Nb:
Artikel ini juga dimuat pada

E-magz Lumbung Ide dari forum Belajar Kreatif
bisa di download di

Lumbung ide 2


0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll