Tugas DKV 5 Promosi museum wayang

logo museum wayang

logo Festival



well, sebenernya ini tugas kelompok.... cuma disini gw bertindak sebagai Creative Director sekaligus Illustrator

ini susunan timnya:

Creative Director: Afif Chandra Kusuma
Logo and CI: Felix Didi Widianto
Character Design: Afif Chandra Kusuma
Art Director: Nurlaila Ramdhan& St.Ragil Anggara
Merchandising: St.Ragil Anggara
Publication: Nurlaila Ramdhan
Sign: Bimo Pradhana
Event Concept : St.Ragil Anggara


foto museum wayang by:
http://museumku.wordpress.com/



Kenapa Museum Wayang yang di pilih? Museum wayang memiliki koleksi yang sangat lengkap, berkisar hingga 5.147 buah. Menyimpan koleksi dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa negara di dunia. Sayangnya apresiasi masyarakat terhadap wayang sangat kurang, padahal di dalam wayang sendiri mempunyai muatan cerita yang kaya akan falsafah hidup.
Dengan ini diharapkan, para generasi baru mengenal budaya yang telah telah berkembang ratusan tahun tidak sekedar lapuk dan dilupakan karena zaman. Bahkan mempunyai inovasi agar wayang Indonesia mampu menjadi budaya populer. Bukan tidak mungkin budaya wayang bisa menjadi budaya populer yang digemari suatu saat nantinya. Dengan menggunakan pendekatan Program Event atau kegiatan yang dimaksimalkan dengan desain yang baru (segar), unik dan target audiens anak – anak, dimana anak-anak sendiri adalah generasi penerus bangsa.

Psikografi dan Behavior :
Anak – anak suka bermain dan berpetualang untuk menemukan hal baru
Bermain sambil belajar , menyukai dongeng
Memiliki tokoh idola dan terinspirasi untuk mengikuti gaya, perilaku tokoh idola
Masih sangat tergantung dengan orang tua
Lebih mudah untuk diarahkan atau dibentuk


Communication ObjectiveMerubah persepsi khalayak akan Brand image Museum wayang dari sekedar tempat penyimpanan wayang menjadi Istana tempat tinggal para wayang dunia
Khalayak jadi lebih tertarik untuk berkunjung

Consumers Benefit:
Menambah wawasan budaya sejak dini mengenai budaya nusantara dan dunia khususnya wayang
Meningkatkan kebanggaan sebagai warga Indonesia
Mempererat hubungan keluarga &sarana rekreasi
Alternatif hiburan selain tempat rekreasi dan mall




Tone and Manner:
Fantastic : Sesuatu yang imaginatif tidak benar- benar ada hanya ada dalam museum wayang Friendly : Memperlakukan khalayak layaknya seorang sahabat
Fun: Mampu menghibur & menyenangkan benak khalayak
Indonesian culture : Perlu sedikit memasukan unsur ke budaya – budaya lokal dari derah Indonesia agar memiliki jati diri , sebagai pembeda misal dengan Museum wayang Bangkok

Kami menciptakan 3 maskot yang bertujuan mewakili koleksi dari museum wayang, dan maskot bertugas sebagai story teller kepada anak anak yang berkunjung ke museum wayang

Hanuman, sebagai tokoh protagonis
simbol kesetiakawanan tangkas dan cerdik
digambarkan bertubuh mungil agar terkesan lucu
sehingga diharapkan menjadi akrab dengan anak anak

Marionette, sebagai simbol perwakilan koleksi museum wayang yg berasal dari luar negeri

Rahwana, sebagai simbol koleksi museum wayang yang bersifat antagonis


kalo ada yang bilang karakter gw mirip gaya goresan cartoon network, gw akuin iya!!
karena gw emang hobi koleksi dan nonton film cartoon network macem Ben 10, Kimpossible, Powerpuff Girls ato Teen Titans . hahaha....
untuk warna, gw serahkan kepada art director gw yang bernama Nurlaila Ramdhan yang kadang dia juga berdiskusi dengan gw untuk moodboard.

kesalahan kami adalah tidak memasukkan foto asli wayang wayang tersebut dalam poster maupun item lain, ini dikarenakan hasil foto didalam museum kurang maksimal :P


Dan inilah tim kami :)

bumper acara:



0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll