Branding itu semudah PDKT part 1

Branding adalah kegiatan komunikasi yang mempunyai maksud agar brand tidak hanya dikenal tapi orang paham dengan kepribadian brand tersebut sehingga jatuh cinta serta mau menggunakannya.



source: http://www.hautewedding.co.uk

Pernah mengalami jatuh cinta? Pasti yang kamu lakukan tidak hanya menyampaikan perasaanmu saja, tapi ada beberapa tahap yang dilewati seperti mengajaknya berkenalan, bila sudah kenal lalu mencari tahu kegiatan favorit si dia, lagu kesukaan dan lain lain. Seperti itulah branding, branding digunakan sebagai senjata ampuh dalam memasarkan produk. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, branding adalah segala macam strategi yang digunakan untuk mengenalkan produk atau merek agar target market yang dituju tidak hanya kenal tetapi juga mencintai dan loyal kepada brand tersebut.

Branding tidak jauh berbeda dengan PDKT, karena tujuannya sama sama ingin menarik target market dengan suka rela untuk menerima dan mencintai. Ketika anda jatuh cinta, yang anda lakukan pertama kali adalah merubah penampilan diri sesuai dengan tipe dari target market yang dituju atau mencari target market yang sesuai dengan penampilan anda, ini yang disebut Brand Identity. Yaitu identitas diri secara fisik yang ingin disampaikan kepada target yang dituju. Anda penyuka music rock, untuk menampilkannya dengan menggunakan kaos hitam bergambar band kesayangan, tentu saja wanita yang anda incar juga mempunyai selera musik dan dandanan yang sama. Bisa juga brand identity dimulai dari mengikuti selera target market, anda menyukai wanita eksekutif dengan penampilan modis. Yang anda lakukan pertama kali adalah merubah penampilan sesuai selera wanita tersebut, bisa dengan berkemeja rapih dan klimis.

Yang terpenting dari Brand Identity adalah konsisten baik itu warna maupun bentuk, apa fungsinya? Supaya target yang dituju aware dengan kehadiran kita. Lalu apa yang terjadi bila kita tidak konsisten dengan penampilan/brand identity kita? Tentu saja target yang dituju tidak aware dengan kehadiran kita, bahkan kecewa karena ketidak konsistenan tersebut. Anda menyukai wanita eksekutif yang berpenampilan modis yang juga menyukai pria berpenampilan sama, mereka akan kecewa ketika melihat anda yang biasanya berpenampilan rapih tiba tiba berpenampilan ala anak punk yang bebas. Intinya, brand identity adalah penampilan luar yang terlihat secara fisik yang digunakan secara konsisten dan menyeluruh

Anda ingin terlihat modis, anda ingin terlihat urakan, anda ingin terlihat religious untuk meraih hati target yang dituju ini yang disebut dengan Brand Positioning. Jadi Brand Identity atau penampilan fisik sangat bergantung kepada Brand Positioning. Mudahnya, Brand Positioning adalah apa yang ingin ditampilkan merek di benak konsumen melalui langkah langkah dan tindakan. Bila anda adalah wanita yang mengincar pria mapan eksekutif muda, sedangkan anda mempunyai banyak pesaing dengan penampilan fisik yang sama, maka yang perlu dilakukan adalah mencari positioning yang unik namun tetap dalam koridor yang sama.

source: loudmousedotcom.wordpress.com
Mudahnya, setelah anda melakukan riset, ternyata pria tersebut mempunyai tim favorit Manchester United dan wanita lain pesaing anda tidak begitu menyukai bola, lalu anda menempatkan diri atau memposisikan diri sebagai wanita eksekutif yang juga menyukai bola. Strateginya bisa memulai pembicaraan dengan pria tersebut dengan hal hal yang bertopik bola. Contoh lain yang berhubungan langsung dengan brand adalah produk pepsi, sebuah minuman bersoda dimana pasar terlebih dahulu sudah mengenal coca cola. Coca cola sebagai market leader telah dikenal di masyarakat. Maka untuk mengambil hati target market yang telah dikuasai oleh coca cola, pepsi memposisikan diri sebagai "The choice of a new generation" artinya, minuman selain pepsi adalah minuman yang ketinggalan zaman.


source: http://www.toxel.com


Untuk selanjutnya akan dibahas di artikel selanjutnya tentang apa itu Brand Image, Brand Personality dan Brand Communication

2 comments:

  1. gambar cewenya ga ada yg lebih sexeh broh? #eh :v

    ReplyDelete
  2. nah skrg gantian yak, tulung kumenin : http://www.sultankata.com/2012/07/apa-itu-engagement-media-sosial.html :v behehe

    ReplyDelete

 

Blogger news

Blogroll